KILAS INFO
Tetap jaga jarak dan ikuti protokol anjuran pemerintah ,Bersatu Melawan Covid 19 |
logo

Perkumpulan Electro Technical Officer Indonesia

Association Electro Technical Officer Indonesia
Lagi! ABK WNI di Kapal Pesiar Dipulangkan dan Dikarantina

Lagi! ABK WNI di Kapal Pesiar Dipulangkan dan Dikarantina

Jakarta (Samudranesia) – Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. selaku Dansatgas pimpin repatriasi/pemulangan ABK WNI kapal pesiar MV. Carnival Dream sebanyak 119 ABK dan MV. Carnival Conquest sebanyak 156 ABK, turun dan disambut oleh Satuan tugas evakuasi di dermaga JICT-II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (24/6/2020).

Kapal pesiar MV. Carnival Dream berbendera Negara Panama, berlayar dari Durban Afrika Selatan kemudian menuju Jakarta, lego jangkar sekitar 2-3 Mil Laut untuk menurunkan ABK sebanyak 119 orang dengan menggunakan tunderboat menuju Dermaga pelabuhan JICT II, sedangkan MV. Carnival Conquest berbendera Panama berlayar dari Benoa/Bali membawa 156 ABK menuju Jakarta untuk menurunkan ABK di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan Tunderboat kapal tersebut.

kemudian ABK turun dari kapal mendapat pengawalan Tim Satgas Pengamanan laut (Satpaska, Satrol), setelah sampai di dermaga Tim Satgas evakuasi telah disiapkan untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 terhadap personel dan barang bawaannya, awalnya satu persatu dicek suhu tubuh dan disemprotkan cairan disinfektan oleh petugas yang sudah dilengkapi pakaian APD. Untuk barang bawaan diharuskan melalui X-ray Tim Bea Cukai sebelumnya pemeriksaan menggunakan anjing pelacak/K-9 dari Pom Lantamal III untuk mengantisipasi adanya barang yang terlarang.

Seluruh ABK itu dinaikan ke 14 Bus pengantaran menuju Hotel Mercure Jakarta Kota dan Hotel Mercure Batavia yang telah direkomendasikan oleh Gugus tugas penanganan Covid-19 DKI Jakarta, selanjutnya Tim KKP melaksanakan Swab test dengan nyaman di hotel.

“Apabila ada yang hasilnya Positif maka akan dibawa ke Rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, dan bila hasilnya Negatif akan mendapatkan surat kesehatan dari Dinkes DKI Jakarta untuk bisa dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing dengan nyaman,” ujar Brigjen Hermanto.

Turut hadir Dansatgas, Wakil Dansatgas Kolonel Marinir A. Beny Sarana, Dansat Kopaska Armada I Kolonel laut (P) Johan, Kapolres Pelb. Tj. Priok AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.Ik, Si., Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal.


Credit : http://samudranesia.id/kini-giliran-abk-mv-carnival-dream-dan-carnival-conquest-yang-direpatriasi/
Berita Lagi! ABK WNI di Kapal Pesiar Dipulangkan dan Dikarantina
Perkumpulan Electro Technical Officer Indonesia
Ikuti Kami :
Jl.Swasembada Timur VIII No.27A
RT.09/RW.10 Kebun Bawang Tj.Priuk Kota
Jakarta Utara,Daerah Khusus Ibukota Jakarta
14320
etoindonesia119@gmail.com
+62 813-8000-7812
Copyright © 2019 - Petoi All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKT